Gambaran Pelaksanaan 5T pada Ibu Hamil

IKLAN1
KTI KEBIDANAN
Gambaran Pelaksanaan 5T pada Ibu Hamil

Sebagai tolok ukur keberhasilan kesehatan ibu maka salah satu indikator terpenting untuk menilai kualitas pelayanan obstetri dan ginekologi di suatu wilayah adalah dengan melihat Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB) di wilayah tersebut. Di Indonesia, berdasarkan perhitungan oleh BPS diperoleh AKI tahun 2007 sebesar 248/100.000 KH. Puskesmas dalam memberikan pelayanan antenatal hendaknya menggunakan asuhan standar minimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 1999. Standar minimal ibu hamil “5T” di Puskesmas tersebut yaitu Timbang berat badan, ukur Tekanan darah, ukur Tinggi fundus uteri, pemberian imunisasi TT, dan pemberian Tablet Fe, dalam rangka persiapan rujukan (Walujani M,.2005). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan 5 T pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Terbanggi Subing Kabupaten Lampung Tengah dengan subjek penelitian adalah ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Terbanggi Subing, dan objek penelitian yaitu pelaksanaan pelayanan 5T di Puskesmas Terbanggi Subing.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Terbanggi Subing dan sampel dalam diambil secara accidental dari ibu yang memeriksakan kehamilannya dan diperoleh sejumlah 18 orang ibu. Pengambilan data dengan observasi menggunakan lembar checklist, dan analisa data menggunakan persentase dan skala ukur menggunakan skala angket.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa bahwa dari 18 sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini 13 responden (72,77%) mendapatkan pelayanan dalam ketegori baik, 4 responden (22,22%) mendapatkan pelayanan dalam ketegori cukup, tidak ada responden yang mendapatkan pelayanan dalam ketegori kurang baik, dan 1 responden (5,56%) mendapatkan pelayanan dalam ketegori tidak baik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa gambaran pelaksanaan 5T di Puskesmas Terbanggi Subing secara umum dalam kategori baik.

lihat semua DAFAR KTI LENGKAP dalam DOKUMEN WORD (.doc)
KLIK DISINI
IKLAN3