Gambaran kadar hemoglobin ibu hamil di puskesmas

IKLAN1
Gambaran kadar hemoglobin ibu hamil di puskesmas

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Penderita anemi di Indonesia sangat besar, sehingga anemia merupakan penyebab utama angka kematian ibu di Indonesia. Upaya mencegahnya dapat dilakukan dengan mengetahui sejak dini apakah seseorang tersebut anemia atau tidak. Menurut World Health Organization (WHO) kejadian anemia pada ibu hamil berkisar antara 20%-89% dengan menetapkan hemoglobin (Hb) 11 gr % sebagai dasarnya. (Manuaba,1998).
Angka anemia kehamilan di Indonesia menunjukkan nilai yang cukup tinggi yang berkisar 20 %-80%, tetapi pada umumnya banyak penelitian yang menunjukkan prevalensi anemi pada wanita hamil yang lebih besar dari 50%. Pemerintah telah berusaha melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan tablet tambah darah (tablet Fe) pada ibu hamil yang dibagikan pada waktu mereka memeriksaan kehamilan, akan tetapi prevalensi anemi pada kehamilan masih juga tinggi.Pemeriksaan kadar hemoglobin yang dianjurkan dilakukan pada trimester pertama dan ketiga kehamilan sering kali hanya dapat dilaksanakan pada trimester ketiga saja karena kebanyakan ibu hamil baru memeriksakan kehamilannya pada trimeser kedua kehamilan, sehingga penanganan anemia pada kehamilan menjadi terlambat dengan akibat berbagai komplikasi yang mungkin terjadi karena anemia. Kriteria anemia yang digunakan sesuai dengan kriteria WHO yaitu 11 gr%. (hptt/:www.anemia.net.id)
Berdasarkan data survei kesehatan nasional 2001, angka anemia pada ibu hamil sebesar 40,1 % kondisi ini menunjukkan bahwa anemia cukup tinggi di Indonesia. Bila diperkirakan pada 2003-2010 prevalensi anemi masih tetap di atas 40 %, maka akan terjadi kematian ibu sebanyak 18 ribu pertahun yang disebabkan perdarahan setelah melahirkan. Ini kondisi dengan estimasi 3-7 % itu meninggal karena menderita anemia berat dan sebesar 20-40 % ibu meninggal karena penyebab tak langsung anemia. Dari kadar hemoglobin dapat digolongkan anemia ringan, anemia sedang dan anemia berat. (hptt/:www.anemi.net.id).
Berdasarkan profil Dinas Kesehatan Lampung Timur (2005), kematian ibu terdapat 18 orang yang terdiri dari 9 orang disebabkan karena perdarahan, 4 orang yang eklamsi, 2 orang karena emboli air ketuban, 1 orang karena solusio plasenta, 2 orang dengan dekompensasi kordis serta 1 orang terkena infeksi akibat ditolong oleh dukun. Laporan yang didapat dari puskesmas-puskesmas yang terdapat di Lampung Timur sasaran ibu hamil tahun 2005 berjumlah 24039 orang. Banyaknya ibu hamil pada Kunjungan pertama sebanyak 21298 orang sedang Kunjungan ke-4 sebanyak 20661 orang. Dari jumlah keseluruhan, 19231 ibu hamil yang dilakukan pemeriksaan Hb, dan di dapat 40 % ibu hamil yang ditemukan anemi. Kebijakan pemerintah setempat yang diberikan bagi ibu hamil baik yang beresiko maupun yang tidak beresiko selain pemeriksaan Hb dua kali selama kehamilan untuk mendeteksi adanya anemi, tenaga kesehatan terutama bidan harus dapat juga memberikan penyuluhan tentang anemi diposyandu, pemberian Fe, pemberian suplement makanan tambahan pada ibu hamil yang beresiko yang diberikan oleh petugas gizi, dan memberikan susu ibu hamil dan dasabion.
Berdasarkan data jumlah ibu hamil dari laporan Puskesmas Pekalongan dari bulan Januari sampai Desember 2005 terdapat ibu hamil yang menderita anemi salama kehamilan .. ibu hamil, dan jumlah bumil sejak bulan Januari sampai Maret 2006 di Desa Adirejo kecamatan Pekalongan terdapat … ibu hamil. Dari data tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Gambaran Kadar Hb ibu hamil di desa Adirejo kecamatan Pekalongan”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas maka penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut : “Bagaimanakah gambaran kadar hemoglobin Ibu hamil di Desa Adirejo kecamatan Pekalongan Lampung Timur ?”

C. Ruang Lingkup
1. Sifat Penelitian : Penelitian Diskriptif
2. Subyek penelitian : Ibu Hamil yang terdapat di Desa Adirejo Kecamatan Pekalongan
3. Objek penelitian : Gambaran Kadar Hemoglobin Ibu Hamil
4. Lokasi penelitian : Desa Adirejo Kecamatan Pekalongan Lampung Timur
5. Waktu penelitian : April – Mei 2006

D. Tujuan Penelitian
Mengetahui gambaran kadar hemoglobin ibu hamil di Desa Adirejo Kecamatan Pekalongan Lampung Timur.

E. Manfaat Penelitian
1. Bagi Institusi Pendidikan Program Studi Kebidanan Metro
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat, khususnya sebagai bahan refrensi dan dokumentasi diperpustakaan Program Studi Kebidanan Metro.
2. Bagi Puskesmas
Sebagai bahan masukan bagi bidan di Desa Adirejo Kecamatan Pekalongan agar dapat melaksanakan pemeriksaan Hb terhadap ibu hamil dan dapat meningkatkan pelaksanaan dalam pemeriksaan Hb secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan.

Gambaran kadar hemoglobin ibu hamil di puskesmas
IKLAN3