Menyusui pasca Persalinan Cesarea

IKLAN1

Persalinan secara operasi (cesar) menjadi salah satu pilihan baik secara terpaksa dilakukan maupun atas permintaan ibu. Seorang ibu yang menjalani persalinan caesar tapi mempunyai keinginan kuat untuk dapat memberikan ASI pada bayinya kadang kala mengalami hambatan pada produksi ASI nya.

Beberapa keadaan yang dapat menyertai pasca persalinan cesar yang dapat mempengaruhi ASI baik secara langsung maupun tidak langsung antara lain:

1. Pengaruh obat -obatan yang diterima ibu baik untuk prosedur operasi maupun pasca operasi.

Beberapa obat dikhawatirkan akan berpengaruh pada ASI.

2. Perlunya waktu yang lebih untuk pemulihan kondisi ibu pasca operasi (misalnya rasa sakit pasca operasi). Hal ini tentu saja diikuti dengan persiapan jasmani untuk menyusui dan merawat bayi karena biasanya ibu akan menemui ksulitan untuk memperoleh posisi yang baik dan kenyamanan saat menyusui.

3. Psikologi /emosi ibu yang seringkali merasa “gagal” (terutama pada persalinan karena kondisi “terpaksa” dilakukan) .

Sebagian Ibu merasa tidak mempunyai kemampuan untuk melahirkan secara normal sehingga kecewa, malu untuk bertemu bahkan takut.

4. Lain-lain

Bayi yang lahir dengan persalinan operasi, kadang tampak lemah dan mengantuk.

5. ASI pasca persalianan caesar kadang diprokduksi lebih lambat (tidak segera keluar). Tetapi tidak perlu khawatir , ASI akan segera keluar setelah beberapa hari pasca persalinan.

Dapatkah ibu dapat memberikan ASI pasca persaliann caesar?

Meskipun beberapa kondisi yang sulit akan dirasakan oleh ibu pasca operasi, namun tak ada alasan untuk tidak dapat memberikan ASI pada bayinya, disamping tentu saja tipe anestesi dan kesuksesan operasi.

Persalinan caesar dengan anestesi epidural atau spinal block biasanya ibu akan lebih cepat tersadar dibandingkan dengan anestesi umum .

Adapun obat-obatan yang harus dikonsumsi ibu, hendaknya tak perlu dikhawatirkan. Sebaiknya sampaikan terlebih dahulu keinganan ibu untuk dapat memberikan ASI tersebut kepada dokter yang menangani agar ibu dapat segera melakukannya segera setelah kondisi memungkinkan. Selain itu dokter juga akan mempertimbangkan obat yang akan diberikan pada ibu.

Dalam hal ini sebenarnya obat yang dikonsumsi ibu tidak akan banyak mempengaruhi ASI. Meskipun ada obat dapat mempengaruhi ASI, namun itu dalam jumlah yang sangat kecil sekali. Apalagi pada awal permulaannya, ASI yang dikeluarkan adalah colostrum yang volumenya masih dalam batas kecil.

Tips untuk dapat menyusui pasca persalinan caesar:

1. Diskusikan segala sesuatu tentang prosedur operasi/hal yang akan dijalani ibu dengan dokter yang betanggungjwab menangani ( terutama tipe/jenis serta obat pasca persalinan.)

2, Carilah klinik/rumah sakit yang pro ASI.

3. Mintalah sesegara mungkin (as soon as possible) untuk memberikan ASI.

4. Meminta agar bisa rooming-in

5. Menyusui sesering mungkin

6. Carilah posisi yang benar dan kenyamanan saat menyusui.

Beberapa posisi yang tampak mudah dilakukan : Lying flat on your back,Clutch (football) hold, Side lying, Cross cradle (transition) hold

7. Mintalah dukungan dari orang lain (suami, keluarga dll)

8. Berdoa dan Yakinlah bahwa Anda dapat memebrikan ASI pada buah hati Anda.


sumber

obsgyn.net

breastfeeding.asn.au

family.go.com

rumahkusorgaku.wordpress.com

IKLAN3