Karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di desa

IKLAN1
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat, dengan pesatnya perkembangan teknologi membuat seks tidak dianggap sakral lagi. Kecendrungan pelanggaran semakin meningkat oleh karena adanya penyebaran informasi dan rangsangan seksual melalui media massa yang dengan adanya teknologi canggih (video cassette, foto copy, VCD, telepon genggam, internet, dan lain-lain) menjadi tidak terbendung lagi. Remaja wanita yang sedang dalam periode ingin tahu dan mencoba, akan meniru apa yang dilihat atau didengarnya dari media massa (Sarwono, 2004 : 151). Penemuan alat kontrasepsi oleh Amerika Serikat (AS) kemudian memicu revolusi seks di tahun 1960-an. Paradigma pun berubah, seks dianggap sebagai hal yang biasa-biasa saja. Akibatnya pergaulan seks bebas pun marak. Imbasnya juga dirasakan di Indonesia. Perubahan pandangan terhadap seksualitas terjadi sejak awal tahun 1980-an. Hal ini juga mengakibatkan perubahan dalam perilaku seksual termasuk dikalangan remaja wanita (Pangkahila, 2008).
Survey yang dilakukan oleh Departemen Sosial dan Ekonomi Internasional pada tahun 1998 di beberapa Negara Barat seperti Belgia, Kanada, Jerman, Hongaria, Norwegia, Inggris dan Amerika menunjukkan bahwa 2/3 remaja wanita berusia 19 tahun telah melakukan hubungan seksual di luar pra nikah. Senestein (1989) telah melaporkan hasil penelitiannya yaitu bahwa sekitar 69% remaja wanita Afrika-Amerika telah melakukan hubungan seksual tanpa nikah pada usia 15 tahun. Sedangkan Hoffer (1988) menemukan bahwa 25% remaja wanita Afrika-Amerika telah berhubungan seksual tanpa nikah pada usia 15 tahun dan 74% pada usia 18 tahun, sedangkan pada remaja wanita berkulit putih adalah 15% dan 56% (Yusuf, 2006 : 210).
Menurut Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 1994, jumlah penduduk usia 20-24 tahun mencapai 31,2% dari jumlah penduduk Indonesia. Menurut Kepala BKKBN seks bebas telah ditemukan di setiap propinsi di Indonesia (BKKBN,2007). Hasil penelitian PKBI juga menunjukkan bahwa 9,1% remaja wanita telah melakukan hubungan seks dan 85% melakukan hubungan seks pertama mereka pada usia 13-15 tahun di rumah mereka dengan pacar (BKKBN,2006). Remaja wanita masa kini sudah melakukan hubungan seksual secara aktif. Tiap tahunnya 15 juta remaja wanita berusia 15-19 tahun melahirkan (Hambali,1998 :30).
Kejadian seks bebas telah merambah kalangan muda Indonesia dengan dampak yang cukup besar. Dari survey yang dilakukan di Jakarta diperoleh hasil bahwa sekitar 6-20% anak SMU dan Mahasiswa di Jakarta pernah melakukan hubungan seks pra-nikah. Sebanyak 35% dari Mahasiswa Perguruan Tinggi swasta di Jakarta sepakat tentang seks pra-nikah. Survey yang dilakukan oleh lembaga Demografi FEUI dan NFPCB tahun 1999 terhadap 8.084 remaja wanita putra dan putri yang berusia 15-24 tahun di 20 Kabupaten yaitu di Lampung, Jawa barat, Jawa tengah dan Jawa Timur menunjukkan bahwa sebanyak 46,2% remaja wanita menganggap perempuan tidak akan hamil hanya dengan satu kali melakukan hubungan seksual. Dari 405 kehamilan yang tidak direncanakan, 95% dilakukan oleh remaja wanita usia 15-25 tahun. Angka kejadian aborsi di Indonesia mencapai 2.5 juta kasus. 1,5 juta diantaranya dilakukan oleh remaja wanita (Kriswanto,2006).
Remaja wanita sering kali tidak nyaman atau tabu untuk membicarakan masalah seksualitas dan kesehatan reproduksinya. Akan tetapi karena faktor keingintahuannya mereka akan berusaha untuk mendapatkan informasi ini. Remaja wanita sering kali merasa bahwa orang tuanya menolak membicarakan masalah seks sehingga mereka kemudian mencari alternatif sumber informasi lain seperti teman atau media massa (Harlock,1972 dikutip dari Iskandar,1997).
Para remaja wanita hakikatnya tidak sadar bahwa perilaku seks bebas berakibat fatal bagi dirinya sendiri. Dengan menerapkan perilaku seks bebas banyak remaja wanita putri yang hamil di luar nikah. Padahal sudah dapat dipastikan apabila ada seorang remaja wanita putri hamil di luar nikah maka masa depannya akan suram. Dia tidak akan mewujudkan cita-citanya. Setelah semuanya terjadi, dia baru sadar bahwa ternyata seks bebas telah menghancurkan dirinya. Akibat lain dari perilaku seks bebas adalah HIV/AIDS. Berdasarkan penelitian UN AIDS, Organisasi AIDS se-dunia diperkirakan 700 remaja wanita terkena virus HIV/AIDS setiap hari. Dengan menerapkan perilaku seks bebas maka akan membuka peluang sangat besar bagi dirinya sendiri. Perilaku seks bebas sangat berpengaruh dalam pembentukan moralitas bangsa. Khususnya kaum muda ketika moral generasi muda suatu bangsa buruk (Akademik, 2007).
Dampak psikologis seks pra-nikah pelaku akan merasa diri kotor dan kehamilan akan berdampak pada hal lain (dosa memperanakkan dosa), seperti berbohong, menjauh dari pergaulan positif. Dampaknya seperti lingkaran setan yang tidak ada ujungnya (Franky,2007).
Para ahli dari berbagai disiplin ilmu sepakat bahwa remaja wanita yang digolongkan mempunyai tingkah laku menyimpang. Tidak hanya merupakan akibat dari keadaan lingkungan yang dihadapi remaja wanita saja. Akan tetapi, faktor penyebab yang begitu kompleks misalnya usia, pendidikan, tempat tinggal, ekonomi keluarga, kemajuan teknologi, meningkatnya libido seksual, penggunaan alat kontrasepsi dan frekuensi hubungan seks diluar nikah.
Berdasarkan data hasil pra survey di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan bahwa dari 742 remaja laki-laki dan perempuan yang melakukan hubungan seks pra nikah sebanyak 8 orang remaja wanita. Dan 5 orang diantaranya yang mengalami hamil di luar nikah.
Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin melakukan penelitian tentang “Karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis membuat rumusan masalah yaitu : ”Bagaimana Karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan?”.

C. Ruang Lingkup Penelitian
Dalam penelitian ini penulis membatasi ruang lingkup yang diteliti sebagai berikut :
1. Jenis Penelitian : Deskriptif
2. Objek Penelitian : Karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari usia, pendidikan, tempat tinggal, ekonomi keluarga, kemajuan teknologi, meningkatnya libido seksual, penggunaan alat kontrasepsi dan frekuensi hubungan seks diluar nikah di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan
3. Subjek Penelitian : Remaja wanita yang melakukan hubungan seks pra nikah di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan
4. Lokasi Penelitian : Di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan
5. Waktu Penelitian : 13 Juni 2008

D. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui Karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.
2. Tujuan Khusus
a. Untuk mengetahui karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari usia di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.
b. Untuk mengetahui karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari pendidikan di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.
c. Untuk mengetahui karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari tempat tinggal di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.
d. Untuk mengetahui karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari ekonomi keluarga di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.
e. Untuk mengetahui karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari kemajuan teknologi di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.
f. Untuk mengetahui karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari meningkatnya libido seksual di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.
g. Untuk mengetahui karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari penggunaan alat kontrasepsi di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.
h. Untuk mengetahui karakteristik perilaku hubungan seks pra nikah pada remaja wanita di tinjau dari frekuensi hubungan seks diluar nikah di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

E. Manfaat Penelitian
1. Bagi Remaja wanita
Sebagai pengetahuan remaja wanita tentang dampak seks bebas dan pertimbangan remaja wanita untuk tidak melakukan seks bebas.
2. Bagi Institusi Pelayanan Kesehatan
Sebagai salah satu wacana untuk mengembangkan kebijakan pelayanan kesehatan reproduksi khususnya remaja wanita.
3. Bagi Penulis
Sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang telah didapat dibangku kuliah, serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan.

IKLAN3